twitter


Barusan saya lihat berita mengenai TKW yang disiksa sampai tewas oleh majikannya orang Malaysia (yang sangat belagu dan hobi meng-klaim itu).

Saya jadi berpikir, kenapa ya rasanya orang 'indon' (I actually hate them when they use that word) yang bekerja di luar itu seperti yang tak berdaya, selalu jadi pihak penderita, yang jarang dapat pembela ..

Lalu saya berpikir lagi.

Mungkinkah karena kita termasuk bangsa yang punya watak 'nrimo'. Mayoritas kita adalah Muslim, kita diajarkan untuk tidak membalas perbuatan jahat yang orang lakukan kepada kita. Kita yang beragama Kristen pun diajarkan untuk memberikan pipi kiri setelah pipi kanan kita ditampar (kalau tidak salah begitu).

Kita orang timur. Tidak suka ribut-ribut. Senangnya berlaku ramah dan rajin tersenyum.

Mungkin ga karena itu??

Yah, itu mah perkiraan saya saja.

Kadang-kadang saya pikir; kita harus mulai bersikap.

1 komentar:

  1. ah dasar tuh mereka tukang maling
    kerjanya nyempit2in spaces aja kalo di pasar baru (udah mah suka kehed kalo nawar)