twitter


Siang tadi saya setelah sekian lama kembali menggunakan jasa angkutan cimahi - ledeng untuk sebuah keperluan. Sudah tak ingat lagi saya, kapan terakhir naik angkot ini, maklum seringnya pake motor. Mau tak mau saya jadi bernostalgia.

Saya besar di Cimahi. Tapi kalo maen pasti ke Bandung. Haha .. begitulah berhubung kota kami ini kecil, jadi beli baju lebaran pun harus ke Bandung, biar puas.

Sampai SMA saya masih di Cimahi. Keputusan yang kadang saya sesali, karena sebenarnya saya dulu bisa melanjutkan sekolah ke Bandung (NEM saya ga jelek-jelek amat kok) tapi karena seneng 'ubrang-abring' sama temen-temen, ya sudahlah di sini lagi.

Tadi saya bilang, saya orang Cimahi, tapi kalo maen ke Bandung. Tapi dulu saya cuman tahu satu cara untuk bisa pergi ke Bandung, yaitu naek bis alun-alun - ciburuy, karena bis ini lewat depan rumah saya, jadi gampang banget. Tujuan jalan-jalan ke Bandung pun paling banter ke BIP (dan itu udah keren banget), memang dulu belum banyak mall seperti sekarang. BIP, pasar baru, dan .. kebun binatang.

Waktu kelas 1 SMA saya pernah rame-rame pergi ke pasar seni ITB untuk pertamakalinya. Pas pergi, kakak kelas kami tahu rute angkotnya, jadi aman. Tapi pas pulang, si kakak kelas entah kemana (tau sendiri kan pasar seni ITB tuh ramenya kayak apa), jadilah kami berlima (kalo tidak salah) terbengong-bengong tak tahu jalan pulang. Kami akhirnya terus berjalan hingga menemukan angkot yang ada tulisan 'stasiun hall' (karena dari stasiun kami tahu ada angkot ke Cimahi) .. kampungan banget .. Jika diingat-ingat (setelah saya mengenal Bandung) ternyata dulu itu saya dan teman-teman jalan dari Ganesha hingga Wastukencana. Lumayan, jauh dan panas.

Tahun 1994, kelas 2 SMP, teman saya si Reni ngajakin ikutan Sanlat di Gegerkalong. Sumpah, belum pernah saya tahu dimana itu Gegerkalong. Kami kumpul di rumah Reni di blok C Cihanjuang (yang sekarang berhadapan dengan tempat kerja saya, Mts/MA Asih Putera), trus naek angkot ke arah atas, rasanya lamaa sekali. Saya waktu itu betul-betul buta arah. Setelah di sana baru saya tahu bahwa kami ikut pesantren kilat di Daarut Tauhid, yang kemudian terkenal dengan Aa Gym-nya. Jadi saya cukup bangga juga karena telah pernah mengenal beliau jauh sebelum beliau jadi selebritis seperti sekarang. He he.

Ketika UMPTN (tahun 1997), akhirnya tibalah waktu bagi saya untuk menjelajahi Bandung. Tidak seperti teman-teman yang dapat lokasi tidak terlalu jauh, lokasi yang saya dapat adalah di SMA Muhammadiyah Jalan Banteng, daerah Buah Batu. Nah dimulailah, petualangan saya. Jadwal tes memang jam 8, tapi dari rumah saya berangkat jam 6, karena jauh dan bis damri itu datangnya cuman setengah jam sekali.

Saya inget banget, hari kedua tes, saya menunggu damri untuk pulang di alun-alun Bandung (sori ya, taunya jalan pulang hanya itu sih). Seorang ibu menyapa saya,
"Kuliah dimana, Neng?"
Saya karena ke-geeran langsung menjawab: "IKIP bu."
Padahal keterima juga belum tentu. tapi hebatnya si ibu langsung mendoakan saya cepet-cepet lulus, jadi sarjana, dapet kerja. Jadi terharu .. (maaf ya bu saya berbohong .. masih nakal waktu itu ..)

Ketika saya keterima di IKIP Bandung (pas masuk masih IKIP, pas keluar jadi UPI), mulailah persahabatan saya dengan angkot cimahi-ledeng itu dimulai.

Dari rumah, saya pake angkot dulu ke pasar antri. sebenarnya sih bisa naik di Cihanjuang, tapi biasanya sih udah kepenuhan. Ongkosnya pertama itu masih 600 perak. Itu juga udah kayak yang gede banget, maklum biasanya di dalem kota Cimahi paling gede cuman 200-300 perak.

Satu hal yang tak pernah berubah dari angkot cimahi-ledeng adalah : supir selalu (catet ya: SELALU) memaksakan penumpang sampai angkotnya penuh banget. BANGET. Saya selalu berpikiran, gimana kalo angkotnya 'mudal' begitu .. halaah ..

Hal yang berubah salah satunya adalah sekarang kayaknya tak ada lagi orang yang muntah. Believe it or not, dulu jaman saya kuliah, angkot ini selalu dipenuhi orang-orang yang memang dari tempat jauh (maklum rutenya kan melintasi kota, lagian dulu Cihanjuang-Cibaligo-Sariwangi-Gegerkalong tuh masih rada 'kampoeng) dan orang-orang yang baru belanja di pasar antri. Kebayang kan, sudah mah dijejel kayak pindang, tuh orang bawa belanjaan seudug-udug, sayuran, makanan warung ampe peuyeum juga ada. Ditumpuk-tumpuk.

Tapi tak ada yang lebih menyebalkan selain orang muntah di dalam angkot. Dan itu sering sekali terjadi. SERING. Oh my God, how I really hate that moments. Saya tadi kan bilang orang-orang yang naik angkot ini biasanya orang jauh. Mungkin mereka ga biasa pergi jauh jadi yah .. gitu deh. Yang paling parah, pernah ada anak kecil muntah pas di depan saya, walhasil baju dan tas saya ikut kena muntahannya. WHOAAAA !!! Si bapaknya tu anak memang minta maaf berkali-kali tapi tengsin men, dateng ke kampus udah bau .... yucks!

Jarak yang ditempuh angkot itu jauh. Mulai dari pasar antri - cihanjuang - Cibaligo - Sariwangi - Lembur Tengah - Ciwaruga - Gegerkalong. Waktu tempuh sekitar 40 menit sampai satu jam. Lama banget ya? Mungkin karena dia sering ngetem. Tapi kok rasanya sekarang ga selama itu ya?

Yah, pokonya dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, saya selalu berhasil menamatkan satu novel selama perjalanan, jadi sehari bisa 2 buku. Kalo engga pasti saya tidur (kecuali di angkot ada yang cowok cakep, malu kan kalo pas tidur, ngacay?)

Untunglah setelah itu saya jadi bener-bener menjelajahi Bandung (hehe .. kesasar, kesasar deh).

Yah itulah Romansa saya Cimahi - Bandung. Sampai sekarang kalo liat supir cimahi- ledeng jadi pengen ketawa, dan pasti si emang berpikir dalam hatinya:
"Ni orang cantik kenapa ya??"







1 komentar:

  1. deuy.......template baru nich ye....