twitter


hi guys ..
Yah .. emang sih dari sekian banyak bahasa di dunia ini saya baru bisa 5 bahasa, yaitu :
Sunda = fasih
Indonesia = fasih lah
Minang = cukup fasih (sering denger soalnya my hubby adalah org bukittinggi)
Inggris = ehem .. fasih
Prancis = well ... cukuplah .. (jarang dipake he... he..)

Nah, meskipun begitu saya tuh emang orang bahasa banget. Verbalitas saya tinggi. Saya punya obsesi sekarang pengen bisa bahasa Jerman. Mudah-mudahan kecapai, amiin.

Banyak orang menganggap belajar bahasa (terutama bahasa asing) tuh susah. Padahal engga banget. Buat saya mendingan belajar grammar 3 tahun tibatan dibere 10 soal matematika .. (ya Allah .. dendam dendam teuing nya sama pelajaran yang satu ini ..)

Kesulitan yang dihadapi orang-orang dalam belajar bahasa asing terutama dipengaruhi oleh gaya pengajaran dari guru yang melulu teori/rumus. Padahal language is to be spoken. Bahasa tuh bukan kumpulan rumus yang harus dihapal trus nanti dilatihkan, no .. hell no !! (maaf .. ini saking bersemangatnya) bahasa WAJIB dipraktekkan .
Ayo kita mulai dengan langkah-langkah menguasai bahasa asing :

1. Create the environment - ciptakan lingkungan
mulai misalnya dengan membaca buku-buku yang ada inggrisnya, sekarang banyak buku cerita yang pake sistem bilingual : di dallamnya cerita disajikan dalam dwibahasa.
trus, bagi yang hobi nonton film barat bagus tuh, mulailah dengan mengganti subtitle di dvd ke dalam ENGLISH, biarin lah banyak ga ngerti juga nanti lama-lama terbiasa juga kok .

2. FIND CHATTING PARTNERS - cari temen ngobrol
penting nih!! ini mungkin poin terpenting buat kita dalam belajar bahasa inggris. Teman berbicara nantinya akan ikut juga membetulkan kalimat kita atau memberikan ide-ide. Kalo susah dapet temen ngomong, cobalah pengalaman saya : ngomong sendiri di depan kaca atau membaca novel inggris dengan suara dikeraskan sekalian melatih pronounciation - pengucapan.

3. LISTENING TO MUSIC - ayo bernyanyi!
setelah ngomong, cara ampuh selanjutnya dengan banyak mendengarkan. inget ga ortu kita dulu ga pernah ngajarin grammar kan tapi langsung ngajak kita ngomong dari sejak balita, jadi kita meniru dari mendengar.

hmm .. sisanya silakan dipikirkan sendiri, karna banyak juga orang yang belajar dengan cara yang berbeda. Ada teman saya yang rajin sekali baca kamus, dan mencatat setiap kata menarik yang ia temukan, untung aja kamusnya ga dia bakar trus dimasukin ke kopi ..
Harus diakui ada dua cara PALING AMPUH untuk menguasai bahasa asing :
PERTAMA - tinggal di negara tempat bahasa itu dipakai (luar negeri lah) tanggung deh, dari asalnya ga bisa pisan bisa jadi was wes wos.
KEDUA - menikah dengan orang sana. Anggun si penyanyi itu sodara-sodara, bahasa prancis lebih bagus dibanding saya dan teman-teman satu angkatan digabung, padahal kami belajar grammaire prancis 5 tahun sampe jungkir balik saking susahnya.

overall .. saya ucapkan selamat pada kalian yang sedang atau akan belajar bahasa asing .. Bon a change !!



4 komentar:

  1. ibu kenapa dendam sama matematika, cerita donk, justru saya suka matematika tapi kesulitan belajar asing, ntar ajarin yach...

  1. Mr. Roni hi, how do you do?? sori nih baru buka blog, baru pulang ngungsi dari mertua (baca=liburan). yah emang diantara sekian banyak kekurangan saya ya itu .. math!! ntar deh kapan2 saya nulis khusus mengenai itu :)

  1. ana bikhoirin syukron...... waduh bawa oleh-oleh donk....

  1. Ibu..
    URL Zahra ganti jd : aliyyazahraberbagicerita.blogspot.com