twitter


Ada sebuah iklan menarik yang pernah ditayangkan di salah satu TV swasta luar. Saya lupa lagi iklan apa itu, yang jelas tayangannya seperti ini:

Seorang wanita cantik aduhai memasuki sebuah perpustakaan sepi. Sang pustakawan sontak menyambutnya dengan kata-kata sapaan khas librarian.

"Is there anything you need?"

Si wanita sambil tersenyum (coba Anda bayangkan sosok Angelina Jolie dicampur sama Catherine Zeta Jones dicampur lagi sama Luna Maya, tapi berambut pirang halaah) kemudian menjawab,

"Ooh ... well, I would like to have cheeseburger, french fries and diet coke ..."

Pustakawan terkejut.

"Stt .. this is library, you have to be quiet .. and .."

Wanita cantik lalu menjawab,

"Ups, sorry .. (dengan suara berbisik) OK .. then I would like to have ... (mengulangi kata-kata yang sama)

Jika Anda dapat menangkap maksud dari penggalan iklan di atas, maka si perusahaan iklan berhasil menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan.

Ya betul, cantik tidak selalu identik dengan pintar. Anda pasti ingin bertanya, "Kenapa ya?"

Saya pun pernah mengajukan pertanyaan yang sama. Tapi memang 'biasanya' (biasanya lho) wanita yang cantik buanget (sampai bikin sesak napas) tidak pintar. Mungkin Allah melebihkan di satu sisi dan memberi kekurangan di sisi lain.

Atau mungkin Anda akan bilang "Ah, engga juga ..."
Saya juga akan setuju dengan Anda. Karena saya engga gitu (maksudnya saya cantik dan juga pintar, haha).

Tentu saja ini tidak mutlak. Sekarang toh banyak artis-artis cantik yang ternyata pintar secara akademis atau emosional. Namun banyak juga yang engga .. hihi

Ada satu atau dua orang yang saya kenal, yang memenuhi kriteria itu. Cantik tapi ga pintar maksud saya. Ada seorang yang saya kenal yang bahkan dunianya hanya berputar di kecantikan saja, lainnya ia buta.

Hah?? Mungkin begitu yang ada di benak Anda.

Serius. Bahkan untuk hal-hal simpel sekalipun. Dan ini yang paling penting. Wawasan. Orang perlu punya wawasan. Untuk apa? Yah untuk bisa bergaul dengan orang banyak, untuk bisa tahu dunia, untuk menambah ilmu. Banyak.

Di dunia barat bahkan tidak hanya sekedar cantik, cewek blondie dianggap bodoh. Oleh karena itulah dibuat film "Legally Blond" (kalau Anda sudah menonton). Dalam film tersebut diceritakan seorang gadis pirang yang diremehkan karena dianggap bodoh, padahal ternyata si gadis sangat cerdas.

Jika teman-teman saya yang narsisnya sudah melewati batas kewarasan itu membaca tulisan ini, saya jamin mereka pasti akan langsung berteriak,

"Tapi aku kan cantik dan pintar ...!!"

Huu enak aja mereka mau nyama-nyamain dengan saya.

Kalo saya sih, emang cantik, pintar, dan mempesona.

Yah saya tahu, dunia kadang tak adil memang.

Wakakakaka ...






0 komentar: