twitter


Judul di atas tentu akan mengingatkan kita semua akan 3 hal penting yang konon wajib dimiliki seorang ratu kecantikan dari mulai gadis sampul hingga Putri Indonesia bahkan Miss Universe. Seorang wanita yang dikatakan 'cantik' tidak hanya bermodalkan jidat licin dan wajah menawan tapi juga berotak encer dan berperilaku baik.

Yang akan saya ceritakan di sini bukanlah mengenai kontes-kontes yang kadang-kadang saya suka bingung apa-sih-pentingnya itu, tapi mengenai pengalaman saya menguji calon guru beberapa hari yang lalu. Ya, sekali lagi yayasan tempat saya bekerja itu membuka kembali rekrutmen guru demi meningkatkan profesionalitas kinerja kami. Hadaah.

Berbeda dari tahun sebelumnya ketika saya mewawancara para calon guru semuanya, kali ini saya (selain membuat soal) berkesempatan untuk menguji presentasi makalah mereka. Mekanismenya adalah enam orang secara dipanelkan mempresentasikan makalah mereka dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan para penguji.

Di ruangan saya ada dua kelompok yang kami uji. Kelompok pertama tidak masalah, dalam artian proses tanya jawab berlangsung normal dan lancar. Pada kelompok kedua ada seorang calon guru yang mungkin selamanya akan membekas di benak saya karena B yang terakhir, sikapnya.

Dari segi penampilan dan tampang, ia memenuhi kriteria yang pertama. Ia menarik. Oh ya saya harus memberitahu bahwa ia perempuan. Kemudian untuk kriteria yang kedua pun dia oke. Kebetulan ia melamar posisi guru Bahasa Inggris, dan kemampuannya saya nilai bagus.

Tentu Anda sudah dapat menebak apa yang terjadi. Sayang seribu sayang, ia tak memiliki kriteria terakhir, yaitu behavior atau sikap. Tidak akan saya beberkan di sini detailnya, yang pasti dari pertama ia kami uji, kami dapat melihat dengan jelas sifat macam apa yang ia miliki. Tidak kooperatif, agresif dan tidak menerima pendapat orang adalah hal-hal yang saya cantumkan di lembar penilaian.

Pada akhirnya, saya menyayangkan sikapnya itu. Karena seandainya dia tidak begitu, mungkin saya akan langsung merekomendasikannya dikarenakan kemampuannya yang bagus.

Yah, memang jarang yang punya 3 kriteria itu. Kalau semua orang punya, tidak terbayangkan oleh saya betapa banyaknya orang yang melamar jadi putri Indonesia.

0 komentar: